Personal Protective Equipment (PPE)

Di masa lalu orang telah menggunakan personal protective equipment (PPE) selama berabad-abad untuk melindungi diri saat mereka bekerja, Misalnya :

  • Prajurit abad pertengahan dengan armor
  • Pandai besi selalu menggunakan baju dari kulit
  • Cowboy menggunakan celana kulit
  • Orang eskimo memakai parka tebal, gloves, dan sepatu boots
  • Pemadam kebakaran menggunakan jaket tebal dan helm khusus

Personal protective equipment saat ini, seperti juga di masa lalu, membuat anda bekerja lebih aman dan produktif.

Pelindung Mata Dan Wajah

Mengapa pelindung mata dan wajah begitu penting

Ribuan orang setiap tahun mengalami kebutaan karena kecelakaan. Cidera karena kecelakaan dapat dihindari, jika mereka menggunakan pelindung mata dan wajah.

Struktur mata yang lembut

 Mata anda sangat lembut. Anda dapat menganggapnya sebagai layar monitor dari otak. Seperti juga kamera, mata anda dilengkapi :

  • Receptor yang “menangkap” pesan gambar yang anda lihat
  • Sebuah syaraf optik yang dianggap sebagai sebuah “kabel” terhubung ke sebuah,
  • Lensa yang memfokuskan cahaya
    • Sebuah lapisan iris yang mengontrol jumlah cahaya yang mengirimkan informasi dari receptor yang ada di dalam mata ke otak.

Berbeda dengan kamera tv yang terbuat dari plastik dan logam, mata anda terbentuk dari syaraf lembut dan pembuluh darah. Mata anda rusak, maka anda dalam masalah besar. Dan masalah itu terkadang bersifat permanen atau untuk selamanya.

Bahaya yang potensial

Debu, Serbuk, Asap, dan Kabut

Partikel-partikel kecil dari benda dapat masuk ke mata dan merusaknya. Pekerjaan seperti penggerindaan, pengetaman, pengampelasan, memalu, dan penyemprotan dapat menyebabkan partikel-partikel kecil beterbangan; dan dapat merusak mata.

Gas beracun, Uap, dan Cairan

 Bahan kimia beracun dalam bentuk gas, uap, dan cairan dapat merusak mata. Bacalah selalu MSDS dengan benar sebelum bekerja dengan bahan kimia yang berbahaya.

CATATAN        :    Pada beberapa proses pabrikasi menghasilkan gas, uap, dan cairan yang berbahaya. Tanyakanlah selalu pada supervisor anda atau safety manajer agar anda memahami  alat pelindung mata dan wajah yang dapat anda gunakan agar anda dapat bekerja dengan aman.

Partikel dan benda-benda yang beterbangan

Pekerjaan seperti pengerindaan, pengetaman, pengampelasan, memalu, dan penyemprotan dapat menyebabkan partikel-partikel kecil beterbangan dan dapat merusak mata

Benda-benda berukuran besar, misalnya:

  1. 1.   Rantai,  kabel dan tali yang berayun
  2. 2.   Peralatan yang dilemparkan atau jatuh
  3. 3.   Benda-benda tajam seperti pisau, gunting, pensil, dll
  4. 4.   Berjalan atau jatuh pada penghalang dapat merusak mata dan wajah anda.

Peleburan logam

Pekerjaan yang melibatkan peleburan logam, jika tersiram, terpercik, atau menetes ke mata, dapat menyebabkan luka bakar yang parah yang mengakibatkan rusaknya jaringan syaraf pada mata.

Bahaya sengatan listrik

Setiap kali anda bekerja disekitar peralatan listrik, maka terdapat potensi terjadinya percikan dan loncatan bunga api. Carilah waktu untuk berbicara dengan supervisor anda atau safety manajer sehubungan dengan jenis alat pelindung mata dan wajah yang harus digunakan jika anda bekerja di sekitar areal yang terdapat bahaya sengatan listrik.

Bahaya panas dan radiasi

Pekerjaan yang melibatkan penggerindaan, pemotongan logam, bila anda bekerja di sekitar tungku perapian, menatap sinar ultraviolet, dan radiasi  infra merah dapat memaparkan mata anda pada panas. Hubungi supervisor anda atau safety manajer sehubungan dengan jenis alat pelindung mata dan wajah yang harus anda gunakan jika anda bekerja dengan jenis pekerjaan seperti ini.

Sinar laser

Sinar laser menciptakan potensi bahaya baru di tempat kerja. Karena terdapat jenis sinar laser yang berbeda maka hubungi supervisor anda atau safety manajer untuk menentukan jenis alat pelindung mata yang digunakan saat bekerja dengan sinar laser.

Langkah Perlindungan

Pelindung mesin

Banyak jenis mesin, seperti mesin bubut, gerinda, dan mesin amplas dilengkapi dengan pelindung, pembungkus dan tameng. Pastikan selalu bahwa perlengkapan tersebut terpasang dengan benar dan bekerja dengan baik, sebelum anda menggunakan jenis mesin-mesin tersebut. Dan jangan lupa menggunakan alat pelindung mata dan wajah.

Penutup/penghalang areal kerja

Pengerjaan seperti pengampelasan bangunan, penggerindaan, pengelasan, dan pembubutan menghasilkan debu, uap dan partikel yang beterbangan. Untuk melindungi pekerja lainnya, maka harus dipasang pelindung atau penghalang yang dapat dipindahkan untuk memisahkan pekerja dengan orang yang berada di sekitarnya agar bahaya bisa dihindari.

Ventilasi udara

Pekerjaan yang menghasilkan uap, gas, kabut, debu, serbuk, dan partikel lain yang beterbangan, maka tempat kerja harus diberikan ventilasi. Ventilasi, yang dipasang dengan sistem pembuangan  secara signifikan dapat mengurangi jumlah partikel yang beterbangan yang dapat membahayakan mata.

Pencahayaan

Pencahayaan yang baik adalah penting di tempat kerja. Hal tersebut mengurangi kelelahan pada mata dan sinar yang menyilaukan. Selain itu juga menunjang keselamatan dan meningkatkan produktifitas kerja

Simbol dan Tanda Peringatan 

Penghalang dan benda yang tersembul harus diidentifikasi dan diberi tanda. Patuhilah tanda peringatan saat anda melewati benda-benda penghalang atau peralatan dengan bagian tersembul.

Praktek Kerja yang Aman

Saat anda bekerja, maka :

  • Baca dan ikutilah/patuhilah semua tanda peringatan dan larangan yang dapat dijumpai pada peralatan dan bahan-bahan yang berbahaya
  • Jangan melemparkan peralatan sembarangan / berserakan
  • Jauhkan bagian tajam atau ujung benda dari  mata anda
  • Ikutilah perintah dan anjuran dari supervisor anda safety manajer untuk bekerja dengan aman.

Tempat membasuh mata dalam keadaan darurat

Eyewash station harus ditempatkan dengan jarak 100 kaki dari tempat kerja anda. Jika secara tidak sengaja mata anda kemasukan benda, maka anda harus langsung pergi ke eyewash station dan bersihkan mata anda dengan air selama 15 menit. Pastikan anda menahan mata anda dengan jari dan “menatap” langsung ke aliran air. JANGAN MENGUSAP MATA ANDA! Mengusap mata dapat menyebabkan goresan  atau menempelnya partikel kecil pada mata. Setelah anda membasuh mata anda dengan air maka carilah bantuan medis.

Author: Kentshoe ; Frika Shoes ; Muthia Shoes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s